Mengenal Lebih Jauh Tentang Kabel Audio Converter di Ponsel Mahal/Flagship



Saat ini mulai kita lihat beberapa ponsel terbaru tidak lagi memiliki colokan headset (audio jack). Hal ini sendiri dilakukan oleh vendor ponsel agar ponselnya bisa lebih tipis dan memiliki design lebih menarik. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk mengurangi adanya lubang sehingga fitur kedap air pada sebuah ponsel bisa lebih dimaksimalkan.

Beberapa ponsel yang tidak memiliki audio jack biasanya menggunakan port USB-C untuk koneksi daya baterai dan datanya. Hal ini dilakukan karena jenis port terbaru ini memiliki beberapa kelebihan dibanding port model lama seperti MicroUSB.

Tetapi yang harus kalian ketahui adalah tidak semua kabel audio converter USB-C bisa digunakan di ponsel yang lain. Mengapa? Karena pada ponsel-ponsel mahal dan flagship seperti Google Pixel, Iphone, Samsung Galaxy S8 ke atas dan Note terbaru serta beberapa ponsel lainnya memiliki syarat khusus pada fitur audionya yaitu harus adanya DAC pada kabel tersebut.



Apakah itu DAC? DAC merupakan singkatan dari Digital Audio Converter. DAC merupakan sebuah chip yang bertugas mengubah sinyal digital audio ke audio analog. Nah mengapa ponsel flagship tidak memiliki dac bawaan di dalam mesin ponsel mereka? Jawabannya adalah karena vendor ponsel menginginkan pengguna ponsel flagship mendapatkan kualitas audio semaksimalkan mungkin. Nah untuk kalian yang benar-benar penikmat audio bisa menggunakan kabel dac berkualitas tinggi.

Pada keluaran audio ada yang dinamakan kualitas 16bit dan 24bit, begitu juga dengan frekuensi supportnya ada yang di 44khz, ada juga yg mampu hingga 48khz. Tentunya jika kalian ingin mendapatkan kualitas 24bit biasanya harganya lebih mahal jika dibandingkan kualitas suara 16bit. Pilihan sendiri ada di tangan kalian. Itu lah kelebihan adanya DAC di dalam kabel audio USB-C Converter.
Comments


EmoticonEmoticon