Selamat Datang Google CameraX API



Pada ajang konferensi developer Google I/O 2019, ada beberapa hal penting yang disampaikan Google ke developer pengembang aplikasi dan salah satunya adalah tentang hadirnya api baru bernama Google CameraX. Apakah sebenarnya ini?

Api baru ini memberikan ruang baru dan peningkatan kualitas kamera pada aplikasi-aplikasi lainnya seperti facebook, whatsapp, instagram, snapchat dan aplikasi sejenis yang menggunakan fitur kamera. Bagaimanakah hal ini bisa terjadi?

Google CameraX API merupakan sebuah api baru yang memberikan sambungan kepada developer agar developer bisa menggunakan api kamera native yang ada di ponsel bersangkutan. Pada ponsel seri Pixel, kita mengenal ada beberapa fitur native seperti HDR+ dan Night Sight. Nah dengan adanya CameraX API maka semua aplikasi yang menggunakan kamera akan bisa menggunakan HDR+. Bagaimana hasilnya? Tentunya akan meningkatkan kualitas foto menjadi sangat signifikan di aplikasi tersebut.

Hal ini sebenarnya bukan hal baru di ponsel pixel karena sebelum Google telah memberikan update untuk akses ke ISP PVC yang hampir sama fungsinya tetapi karena bentuknya belum menjadi sebuah API, hal ini belum bisa dimaksimalkan di banyak aplikasi.

Untuk ponsel lain selain pixel, hal ini akan memberikan angin segar karena aplikasi kamera lain akan bisa mengakses fitur beauty Oppo dan HDR milik Oppo sebagai contoh. Ataupun fitur beauty Xiaomi. Artinya, pengguna tidak lagi harus bergantung dengan aplikasi kamera bawaan untuk mendapatkan hasil foto maksimal.



Pihak Oppo sendiri sangat tertarik untuk mengimplementasikan CameraX ini. Dari catatan di Google I/O, sepertinya CameraX ini bisa dimplementasikan ke belakang hingga ke Android Lolipop. Tentunya ponsel-ponsel lama yang memiliki developer dan komunitas aktif ada kemungkinan bisa menggunakan api kamera terbaru ini.

Comments


EmoticonEmoticon