Penglukatan Pancoran Solas di Taman Mumbul Sangeh



Untuk kalian yang suka berwisata religi seperti melakukan pembersihan jasmani dan rohani, mungkin kalian bisa mencoba mampir ke tempat ini. Tempat yang bernama Penglukatan Pancoran Solas merupakan sebuah pemandian yang terletak di seberang obyek wisata Taman Mumbul di Desa Sangeh. Untuk mencapai tempat ini cukup mudah. Dari obyek wisata Hutan Sangeh, kalian tinggal pergi ke arah selatan beberapa ratus meter kemudian belok ke arah timur. Untuk lebih pasti kalian bisa mengecek Google Map ataupun bertanya ke penduduk sekitar. Tempatnya sendiri tidak sulit ditemukan.

Pancoran Solas / Taman Mumbul ini memiliki area parkir yang cukup luas baik untuk sepeda motor dan mobil. Untuk biaya parkirnya sendiri hanya Rp. 5.000 untuk mobil.

Untuk kalian yang ingin melakukan penglukatan/mandi di pancoran solas ini, kalian bisa menyiapkan beberapa perlengkapan seperti kain/kamen, handuk, dan peralatan mandi lainnya. Oya satu lagi kalian harus menyiapkan canang dan dupa. Untuk tempat penyimpanan baju sendiri telah disiapkan berupa loker kecil yang jumlahnya cukup banyak.

Di tempat ini juga telah dilengkapi dengan wastafel, cermin, toilet, kamar mandi dan lain-lain.

Untuk proses penglukatannya sendiri dimulai dari melakukan persembahyangan di tempat yang telah disediakan. Kemudian kalian bisa mulai melakukan proses penglukatan/pembersihan diri mulai dari pancoran yang pertama hingga yang kesebelas. Prosesnnya dimulai dari arah selatan ke utara. Airnya sangat segar dan dingin. Jika pada hari Purnama biasanya tempat ini cukup ramai dikunjungi pengunjung baik lokal dan internasional. Setelah melakukan penglukatan, kalian kemudian harus melanjutan proses nunas tirta ke Pemangku di tempat kalian sembahyang tadi. Oya untuk nunas tirtanya silakan dilakukan jika kalian telah mandi atau ganti baju di ruang ganti.


Setelah melakukan penglukatan hingga selesai, di seberang jalan kalian bisa mampir ke taman mumbul yang memiliki tempat yang cukup teduh dengan kolam yang luas. Tidak ada salahnya mengambil beberapa foto selfie di tempat ini. Jika sudah lelah dan merasa lapar, kalian bisa melakukan trip kuliner ke beberapa tempat makan di area Sangeh untuk mengisi tenaga kembali.

Comments