Sudah Siap Menyambut Android 11?


Beberapa waktu yang lalu, pihak Google telah merilis android terbaru versi percobaan yang bernama Android 11 Developer Preview. Versi android ini merupakan sebuah versi yang dirilis untuk pengguna ponsel seri Google Pixel. Di operasi sistem ini masih banyak masalah (bug) yang akan diperbaiki secara bertahap berdasarkan data-data dari pengguna. Biasanya, android versi finalnya akan dirilis dekat dengan akhir tahun.

Jika diperhatikan, di pasaran Indonesia belum banyak ponsel android yang menggunakan android 10, apalagi yang 11 nantinya. Hal ini karena vendor ponsel tidak cepat atau tidak segera melakukan update system karena faktor seri ponsel yang terlalu banyak.

Untuk kalian yang sudah menggunakan android 10 tentunya merasakan cukup banyak perubahan mendasar jika dibandingkan dengan android 9 atau Pie. Kehalusan navigasi san grafis di android 10 akan dipertahankan dengan penambahan beberapa fitur baru. Dari forum XDA, admin membaca ada beberapa fitur penting yang akan diintegrasikan ke dalam sistem android 11.

Beberapa diantaranya seperti fitur perekam layar yang dimana pada android 11 akan didukung dengan perekaman suara. Ada juga fitur pilihan multi koneksi pada streaming media bluetooth dan tambahan pengaturan untuk audio bluetooth dengan kualitas HD.



Fitur lain lagi yang akan dikembangkan adalah pada sisi PIP. Fitur ini adalah fitur di mana kita bisa menggunakan dua aplikasi dalam waktu yg sama, misalnya menonton youtube sambil chat di whatsapp. Pada android 11 nantinya fitur PIP bisa diubah ukurannya sehingga bisa memberikan pengalaman berbeda untuk pengguna. Fitur lain lagi ada pada pengaturan refresh rate layar. Di mana nantinya tiap aplikasi bisa diatur sedemikian rupa menggunakan refresh rate yang berbeda.

Nah itu adalah beberapa fitur yang nantinya akan hadir di android terbaru di 2020 ini bernama Android 11. Untuk kalian yang ingin mencobanya bisa menggunakan versi GSI/treble untuk ponsel selain google pixel. 

Comments