Mengenal Audio Mobil untuk Pemula Part 1



Bicara tentang audio mobil, biasanya kita akam bicara tentang biaya atau budget yang lumayan mengocek kantong kita kawan-kawan. Tetapi yang akan admin bahas adalah tentang audio mobil untuk pengguna umum, bukan tentang tampilan nya saja tetapi bagaimana audio itu benar-benar fungsional digunakan untuk masyarakat pada umumnya.

Tiap orang, tiap mobil pasti akan memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda untuk perihal audio. Karena itulah, sebelum kalian memasang audio mobil, pastikan dulu kebutuhan dan budget kalian. Audio mahal belum tentu akan memenuhi kebutuhan kalian. Admin contohkan seperti mobil mahal Ferarri. Harganya mahal, mesin besar, kualitas top, tapi jika kebutuhan kalian cuma pergi ke kota, ke pasar dll pastinya mobil itu akan mubasir.

Untuk menentukan audio mobil kalian harus melihat "karakter" mobil kalian terlebih dahulu. Apakah mobil kalian adalah mobil tertutup (kaca tertutup+ac) ataukah terbuka (kaca sering dibuka). Karena dua jenis mobil ini akan menentukan jenis audio yg kalian gunakan.

Pada kasus mobil dengan jendela sering dibuka ataupun tidak ada AC, admin sarankan kalian lebih mengutamakan speaker yang memiliki loudness bagus atau vokalnya harus bagus. Ini fungsinya agar audio tetap terdengar walaupun keadaan di luar bising.

Pada kasus mobil dengan jendela tertutup dan berAC, pemilihan audio jauh lebih mudah karena kabin senyap sehingga suara sedikit saja dari speaker bisa terdengar jelas oleh penumpang mobil.

Di audio mobil ada beberapa komponen yang harus kalian perhatikan dan harus dikonsepkan dengan benar sebelum datang ke audio mobil ataupun modifikasi sendiri di rumah.

1. Aki.

Aki kalian sangat menentukan seberapa besar power audio yang bisa kalian gunakan. Jika menggunakan audio standar, aki standar sudah lebih dari cukup terutama mobil keluaran baru. Tapi jika kalian ingin menambah subwoofer dan woofer bertenaga, kalian harus perhatikan bahwa kelistrikan aki sudah mencukupi. Pada mobil-mobil tua, admin sarankan mengecek kapasitas aki dan dinamo jika ingin menggunakan subwoofer besar ataupun speaker dengan jumlah lebih dari 3 biji.

2. Pastikan Sumber Utama Audio Berkualitas.

Amplifier dan Speaker seringkali menjadi hal yang paling sering dibahas jika memasang audio mobil. Tapi tahukah kalian bahwa ada komponen yang jauh lebih penting dari semua itu yaitu sumber utama audio atau sering disebut Head Unit. Head Unit merupakan asal suara pertama baik itu berupa tape, CD, DVD, atau apapun yg kalian gunakan. Headunit (HU) harus menjadi dasar pertimbangan utama jika kalian ingin melakukan upgrade audio. 

Jangan membeli HU abal-abal dengan suara seadanya. Karena walaupun speaker kalian bagus dan mahal, tapi sumber utama audio sudah bermasalah maka hasilnya akan nol besar.
Jika kalian benar-benar memiliki budget pas-pasan tetapi ingin audio bagus, tidak ada salah membeli HU tipe single din tapi dengan kualitas bagus seperti Sony, Pioneer, Kenwood dll daripada tampilan bagus dengan layar sentuh seperti double dein tapi kualitas suara pas-pasan.

3. Amplifier.

Amplifier merupakan komponen optional yang tidak harus ada dalam sebuah audio mobil apalagi jika HU kalian sudah mampu menangani semua speaker yang ada. Amplifier baru kalian perhitungkan jika kalian menggunakan speaker dengan daya tinggi ataupun menambah subwoofer. Ini terjadi karena rata-rata HU mobil hanya mampu mengangkat speaker woofer ataupun Tweeter dengan daya standar. Jadi pastikan dulu konsep audio kalian sendiri sebelum membeli amplifier.

Hal kedua yg perlu kalian perhatikan adalah jenis amplifier. Untuk pengguna umum yg hanya ingin menambah subwoofer, ataupun kualitas audio yg cukup, admin sarankan kalian membeli amplifier jenis monoblock. Jenis ini tidak memiliki pengaturan crossover tapi lebih fungsional. 

Hati-hati membeli amplifier karena beberapa amplifier yang memiliki banyak pengaturan crossover biasanya bisa mengubah "kualitas" audio kalian menjadi lebih buruk. Ini dikarenakan kualitas HU kalian lebih bagus daripada amplifier kalian. Jika kalian ingin aman, gunakan tipe monoblok yg tidak mengubah kualitas suara. Tipe amplifier ini hanya meningkatkan power saja menjadi lebih kuat.

4. Kenal Konsep dan Kebutuhan yang Pas.

Menurut admin, untuk penggunaan dengan kualitas "cukup", kalian hanya memerlukan 5 atau 6 speaker. Yaitu dua tweeter di bagian depan, 2 mid speaker di bagian tengah dan dua subwoofer di bagian depan dan belakang. Tentunya kombinasi ini menyesuaikan dengan ruang yang ada di mobil kalian. 

Untuk mobil dengan ruang sempit tidak perlu menggunakan subwoofer besar sampai membuat fungsi bagasi menjadi berkurang. Kalian bisa membeli subwoofer kolong yang tidak banyak menghabiskan ruang. Walaupun sedikit mahal, tapi ini merupakan investasi yang baik untuk mobil ukuran kecil.

Untuk mobil yang menggunakan speaker standar pada pintu,  menabunglah untuk mengupgrade speaker tipe mid ini dengan kualitas yg lebih baik. Dan jangan lupa tambahkan tweeter di bagian depan mobil. Usahakan jangan membeli tweeter ala kadarnya. Karena walaupun kecil, alat ini jika abal-abal suaranya akan sangat mengganggu karena akan menusuk telinga.

Nah hal-hal di atas adalah sedikit pengenalan pada sistem audio mobil. Pada artikel selanjutnya admin akan mencoba beberapa rangkaian yang bisa kalian gunakan di mobil kalian agar bagaimana tidak mengurangi fungsi dan luas kabin mobil kalian. Tunggu ya artikel selanjutnya.

No comments for "Mengenal Audio Mobil untuk Pemula Part 1"