Mengenal Speaker Tweeter, Mid, Woofer dan Subwoofer

Seperti judul artikel kali ini, admin akan mengajak kalian untuk mengenal berbagai jenis speaker yang ada agar kalian lebih mudah menentukan speaker apa yang ingin kalian beli dan tepat sesuai fungsinya. Pemahaman tentang jenis-jenis speaker ini bisa kalian gunakan untuk audio dalam ruangan, luar ruangan ataupun di audio mobil.

1. Tweeter

Speaker ini biasanya memiliki ukuran paling kecil di antara speaker lainnya. Si mungil ini memiliki kemampuan untuk mengeluarkan nada-nada dengan frekuensi sangat tinggi di atas vokal. Pada umumnya tweeter difungsikan untuk menjernihkan suara. 

Suara-suara yang ditampilkan adalah suara instrumen seperti simbal. Secara sederhana, nada "ces-ces" dan "tis tis" adalah nada suara yang dipengaruhi keberadaan speaker ini. Jika audio kalian terasa terlalu menusuk tajam, terlalu renyah, bisa jadi si tweeter lah yang perlu kalian upgrade.

2. Speaker Mid/Vokal.



Seperti namanya, si mid atau speaker bagian tengah ini punya tanggung jawab untuk mengeluarkan suara vokal pada audio. Jika kalian pecinta aliran pop, vokal, akustik, speaker ini harus kalian perhatikan. Oya sekedar informasi, speaker mid merupakan speaker yang memiliki harga paling mahal di antara yang lainnya. Mengapa begitu? Karena kejelasan vokal pada setiap lagu dipegang oleh speaker ini.

3. Speaker Woofer.


Woofer merupakan kerabat dekat Subwoofer. Entah mengapa, orang sering keliru dan menganggapnya sama dengan si subwoofer. Woofer merupakan jembatan antara speaker mi dan subwoofer. Pada audio dengan budget rendah, seringkali fungsi mid dan subwoofer dijadikan satu satu di woofer.

Benar banget, si woofer ini bisa mengeluarkan suara vokal dan bass. Tetapi tentunya karena dia bukan spesialisnya, fungsi vokalnya tidak sebaik speaker mid dan fungsi bass nya tidak sehalus subwoofer. Bagi sebagian orang, menggunakan woofer saja sudah lebih dari cukup. Kelemahannya? Jika kalian memaksa pengaturan musik kalian pada sisi bass, maka vokal akan meredup. Begitupun sebaliknya.

4. Sang Nada Rendah Subwoofer.


Speaker ini merupakan speaker yang paling terkenal biasanya karena bertanggungjawab mengeksekusi nada rendah. Bahkan sub mahal mampu menangani nada sangat rendah. Pada umumnya speaker ini adalah bagian paling besar di antara speaker lainnya. Tapi jangan salah ya, sub yang berharga mahal bisa berbentuk cukup kecil.

Jika kalian ingin membeli subwoofer, catatan yang perlu kalian pegang adalah seberapa keras kebutuhan bass yang kalian inginkan. Tidak ada gunanya kalian membeli subwoofer besar jika digunakan di ruangan tertutup seperti kamar dan mobil. Mengapa begitu? Karena kebutuhan power atau kerasanya bass di ruangan tertutup sangat terbatas. Jika terlalu keras akan membuat kalian sendiri menjadi tidak nyaman dlm jangka waktu lama.

Sudah cukup paham tentang perbedaan-perbedaan speaker tersebut? Kini saatnya kalian mengupgrade audio-audio kalian.

No comments for "Mengenal Speaker Tweeter, Mid, Woofer dan Subwoofer"