Mari Bicara Tentang Kartu Prakerja


Kartu Prakerja adalah sebuah program yang dibuat oleh pemerintah dengan tujuan meningkatkan kompetensi warga Indonesia yang berusia produktif. Tujuan dibuat program ini sebenarnya baik, tetapi mengapa program ini kemudian menjadi sebuah polemik di masyarakat? Mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa saja hal yang perlu kalian ketahui tentang program ini sebelumnya kita perdebatkan.

1. Prakerja merupakan program pelatihan pengembangan diri.
2. Peserta akan mendapatkan bantuan sebesar 600 ribu / bulannya selama 4 bulan jika telah lulus pelatihan yang diberikan.

Nah dua hal di atas merupakan esensi yg saat ini beredar di masyarakat tentang program ini. Pada penjelasan nomor 2 itu lah yang membuat Prakerja menjadi polemik. Kesannya seakan-akan pemerintah saat ini sedang menghamburkan uang pada program yang belum ada kejelasannya akan membuat peserta menjadi benar-benar terlatih.

Menurut admin pribadi, program Prakerja adalah program yang sangat bagus jika kita melihat acuan pada nomor 1. Jika program ini selesai nantinya, admin sangat berharap pemerintah mau melanjutkan memberikan subsidi pelatihan kepada peserta aktif maupun peserta baru ke depannya. Subsidi dalam hal ini bukanlah uang 600ribu per bulan tapi biaya gratis untuk mengikuti pelatihan di atas. Contoh saja 1 juta per bulan.

Untuk yang belum tau, di dalam program Prakerja kita bisa memilih pelatihan sesuai dengan hobi atau pilihan kita. Itu menurut admin sangat worth it banget lo. Contoh saja admin yang menyukai fotografi memilih untuk mengikuti pelatihan dari sekolah foto milik Darwis Triadi. 

Ini tentunya kesempatan yang luar biasa, apalagi dibayarkan gratis oleh pemerintah. Jika harus menggunakan biaya sendiri, ya pasti admin harus berfikir berulang kali karena biayanya tidaklah murah. Kalian yang suka makeup, suka tata boga juga bisa memilih kelas-kelas favorit kalian. Dan karena sifatnya sesuai keinginan kita, tentunya tiap kelas yang kita jalani akan sangat menarik untuk diikuti.

Prakerja merupakan program terobosan pemerintah. Kekurangan ada dan tidak kita pungkiri. Tetapi di sisi lain terdapat juga kelebihan yang tentunya sangat berarti dan benar-benar bisa meningkatkan pengembangan diri kita. Kuncinya, tentu di diri kita sendiri, tergantung dari sudut pandang mana kita melihat program Prakerja ini.

No comments for "Mari Bicara Tentang Kartu Prakerja"