Tahukah Kalian Tentang apa itu HTPC??


Nama HT-PC bisa dikatakan tidak cukup booming di Indonesia. Admin sendiri sebenarnya belum lama ini mendengar istilah HTPC. Awalnya, admin sedang browsing di Tokopedia dan melihat sebuah Slim PC kecil dengan harga murah. Dalam imaginasi admin, admin ingin membuat sebuah perangkat multimedia tetapi tidak lola di TV kamar admin. 

Awal masalahnya sendiri karena TV LED milik admin saat dipasangkan dengan SSD ekternal yang berisikan ratusan film di dalamnya, ternyata agak lola saat melakukan preview film. Di situ admin berfikir untuk menambahkan komputer kecil di TV untuk memainkan film-film koleksi yang admin miliki.

Nah singkat cerita, admin ingin komputer tersebut hidup dengan cepat tidak seperti saat kita menghidupkan komputer/laptop windows. Setelah bertanya dengan mbah Google, akhirnya admin mendapatkan ternyata ada sistem operasi yang dibuat khusus untuk komputer multimedia. Nah di sinilah amin mengenal istilah HTPC atau Home Theatre Personal Computer. Sering juga disebut Multi Media Center.

HTPC biasanya dibangun dengan komputer mini/slim dengan OS ringan yang hanya memiliki fitur multimedia. Jadi didalamnya tidak ada fitur aplikasi office dan lain-lain. Jaman sekarang ini sebenarnya sudah dibuat perangkat serupa bernama TV BOX (android tv box). Sayangnya tv box berharga murah tidak lah sesuai dengan ekspektasi admin. Sedangkan yang berharga mahal, performanya juga tidak semenarik spesifikasinya. Belum lagi sistem operasinya tentunya tidak bisa dibuat sesuai keinginan kita.

Bermodal keinginan membuat media center yang ciamik (hitung-hitung investasi), daripada membuat setengah-setengah, admin memilih untuk membangun sebuah media center berbasis komputer dengan dipadukan multimedia OS. Spesifikasinya sendiri tidak perlu tinggi. CPU intel atom atau celeron pun cukup karena hanya digunakan untuk memutar film, musik dan beberapa hal multimedia lainnya. Penyimpannya sendiri menggunakan SSD sehingga dari sisi performa tentu tidak perlu diragukan lagi bukan? 😆😆

HTPC sendiri karena menggunakan prosesor komputer, kalian bisa menentukan apakah multimedia center kalian ini hanya untuk menonton film, browsing internet, youtube,batau mungkin bisa juga diberikan akses game seperti emulator. Mungkin sisi kustomisasinya ini lah yang membuat HTPC menjadi lebih menarik dibandingkan media center lain seperti android tv box.

Kesulitan tersendiri dari HTPC tentunya kalian harus memilili cukup pengetahuan di bidang IT agar bisa mengoprek si HTPC sesuai keinginan, termasuk audio surround sound 7.1 channelnya jika kalian ingin audio sekelas home cinema. Jika kalian ada pengguna yang tidak suka ribet, maka tv box akan menjadi pilihan yang lebih masuk akal.

Lalu pernahkah kalian membangun atau membuat HTPC? Share di komentar ya

1 comment for "Tahukah Kalian Tentang apa itu HTPC??"

  1. Trims untuk Infonya ya...
    Jika boleh, kunjungan baliknya ditunggu ke web saya :D
    Cek web saya di Toko Komputer atau blog saya di Tips dan Trik Komputer

    ReplyDelete

Post a Comment

Tulis Komentarmu di sini ya