Jenuhnya Perkembangan Teknologi Ponsel Dunia


Perkembangan teknologi saat ini bisa dikatakan sudah tidak terbendung. Begitu pula dalam dunia teknologi ponsel. Berbagai jenis dan tipe ponsel muncul setiap bulannnya untuk menarik perhatian konsumen. Sayangnya, jika diperhatikan lebih lanjut, ternyata perkembangan ini mengarah pada titik jenuh. Mungkin hal ini disebabkam oleh terlalu seringnya ponsel baru lahir sehingga produsen pun kebingungan untuk membuat inovasi.

Tahun 2021 dan beberapa tahun sebelumnya, vendor ponsel lebih banyak bermain aman dengan bersaing pada sisi spesifikasi mesin saja. Kita tidak banyak melihat adanya inovasi pada sisi lain seperti design dan software. Ponsel saat ini terbagi menjadi dua buah penggunaan software saja yaitu android dan ios. Itupun masing-masing produsen tidak membuat perkembangan yang sigfinikan. Hal ini, kembali lagi pada update yg mungkin terlalu sering terjadi, sehingga terjadi kejenuhan.

Pada sisi design sendiri saat ini tidak ada produsen yang berani bermain resiko untuk mengembangkan design-design anti maenstream. Hampir semua brand/merk ponsel memiliki bentuk yang sama. Berbeda dengan dulu, di saat jaman Nokia dan Sony Ericsoon berjaya. Begitu banyak design ponsel unik yang muncul di permukaan. Bahkan terkadang designnya aneh. Tetapi karena hal itu pula, sebuah produk bisa menjadi sangat ikonik hingga saat ini.

Dibanding ponsel yang saat ini serba bisa, saya merasa kangen dengan masa di mana ponsel dibuat lebih spesifik. Misalnya ponsel kamera, ponsel musik, ponsel bisnis, dan masih banyak lagi. Diferensiasi tersebut membuat ponsel yang beredar di pasar menjadi tidak pasaran lg. Setiap orang membawa ponsel yang berbeda sesuai dengan "warna" dan "rasa" yang mereka pilih.

Apakah kalian kangen dengan masa-masa itu?

No comments for "Jenuhnya Perkembangan Teknologi Ponsel Dunia"