Hai Android 12! Tampilan Baru Penuh Warna!


Beberapa waktu yang lalu, baru saja saya membuat postingan artikel tentang Android 11. Dan ternyata beberapa waktu yang lalu, Google telah merilis Android 12 versi Beta 1 ke publik untuk para pemilik Google Pixel. Di versi beta ini kita sudah bisa melihat beberapa fitur baru yang akan lebih memanjakan para pengguna Android. Karena menurut Google sendiri, Android 12 merupakan versi Android yang mengalami perubahan paling signifikan di bidang tampilan (user interface).

Secara kasat mata, Android masih mengusung tampilan terbaru milik Google yang sering disebut material design. Perbedaannya, kali ini Google memperkenalkan kostumisasi yang lebih personal dengan tampilan-tampilan warna pastel yang manis. Pada sisi notifikasi juga dibuat lebih rapi dan bersih jika kita bandingkan dengan notifikasi model baru di android 11. 

Pada tampilan notifbar juga menggunakan tampilan kotak-kotak dengan palet warna pastel. Terlihat lebih clean dan mudah untuk dipilih. Tampilan ini sedikit mengingatkan saya dengan tampilan notifbar milik MIUI12 dari Xiaomi.

Android 12 disebut nantinya akan mengalami perubahan signifikan karena tidak hanya perubahan dari sisi tampilan saja, tetapi juga peningkatan performa pada sistem software dengan efisiensi 20%. Artinya sistem akan berjalan lebih cepat dan smooth. Perubahan kecepatan sistem ini yang saya nanti-nantikan agar performa ponsel saya bisa lebih kencang lagi.

Untuk ponsel android kebanyakan, tentunya tidak banyak yang akan mendapatkan update ke android 12 ini karena kebanyakan vendor biasanya tidak melakukan update rutin ponsel mereka secara cepat. Bahkan terkadang beberapa seri ponsel tidak mendapatkan update versi android, hanya sebatas update patch keamanan saja.

Tapi kalian tidak perlu berkecil hati, biasanya beberapa ponsel yang developer friendly seperti milik Sony, Xiaomi, One Plus, akan mendapatkan update dari versi komunitasnya.

No comments for "Hai Android 12! Tampilan Baru Penuh Warna!"