Kenal lebih Dalam dengan Poco X3 Pro. Untuk Siapakah Ponsel ini?

Pocophone X3 Pro akhirnya dirilis di Indonesia, tidak lama setelah Poco X3 NFC dirilis. Banyak fans yang kecewa karena Poco X3 disebut-sebut memiliki spesifikasi jauh lebih tinggi dibandingkan Poco X3 NFC dengan harga yang hampir sama. Apakah benar seperti itu? Kali ini saya akan mencoba memberikan jawabannya.


Poco seri X3 ini, baik untuk seri NFC dan Pro merupakan ponsel yang dirilis Xiaomi untuk mereka yang hobi bermain game. Hal ini terlihat jelas dari sisi design yang agak tebal, spesifikasi yang berat tetapi mengorbankan sisi lainnya yaitu fitur-fitur yang tidak berhubungan langsung dengan kebutuhan para gamer.


Perbedaan terbesar di seri X3 NFC dan PRO adalah seri Pro memiliki CPU yang tidak main-main yaitu Qualcomm Snapdragon 860 yang tentu saja, prosesor ini bukanlah seri menengah tetapi bisa dikatakan seri Flagship. Lalu apakah seri X3 NFC sendiri memiliki CPU yang jelek? tentu saja tidak. Seri X3 NFC menggunakan CPU berbeda yaitu Qualcomm Snapdragon 732G yang lebih lemah dari sisi kinerja untuk game, tetapi memiliki kelebihan di sisi lebih hemat baterai dan lebih dingin. Tentu saja ini menjadi pilihan masing-masing yang memiliki kebutuhan yang berbeda. 


Perbedaan terbesar kedua yang menurut saya cukup vital adalah dari sisi kamera. Seri X3 Pro memiliki sensor kamera lebih kecil yaitu Sony IMX582 dengan resolusi 48 Megapixel. Sedangkan seri NFC memiliki sensor Sony IMX682 dengan resolusi 64 Megapixel. Tentu perbedaan sensor ini sendiri pasti membuat perbedaan kualitas foto. Selain kamera utamanya, kamera kedua yang tidak kalah penting yaitu lensa Ultrawide seri Pro juga hanya beresolusi 8 Megapixel. Sedangkan seri NFC memiliki sensor lebih besar yaitu 13 Megapixel. Jika dilihat dari sisi fotografi, seri NFC memiliki keunggulan di sisi ini.


Sisanya, baik fitur, design dan hal lainnya tidak ada perbedaan pada kedua ponsel ini. Jadi untuk kalian yang bingung membeli ponsel ini, dua hal tersebut adalah hal krusial yang perlu kalian pikirkan sebagai perbandingan. Apakah kalian hardcore gamer yang tidak mempedulikan hasil kamera? atau kalian adalah gamer yang ingin memainkan game lebih lama, dan hasil kamera yang lebih baik? Jawabannya tentu ada di selera masing-masing.

1 comment for "Kenal lebih Dalam dengan Poco X3 Pro. Untuk Siapakah Ponsel ini?"

Post a Comment

Tulis Komentarmu di sini ya