Mengenal Ponsel - Mengapa prosesor Qualcomm Snapdragon masih pilihan Nomor 1?

 



Berbicara ponsel, tentu banyak pertimbangan saat kita membelinya. Baik dari sisi fitur ataupun designnya. Masing-masing orang biasanya memiliki selera mereka sendiri. Untuk saya sendiri, ada satu bagian dari ponsel yang selalu menjadi pertimbangan utama yaitu jenis prosesornya.

Di dalam teknologi ponsel, saat ini bisa dikatakan ada tiga pemain besar vendor chipset/prosesor yang menguasasi pasar yaitu Qualcomm Snapdragon, Samsung Exynos dan Mediatek. Ketiganya memiliki kualitas yang sama, daya tahan yang sama baiknya dan tentu saja kualitas yang sama-sama menjanjikan.

Lalu mengapa hingga saat ini, Qualcomm dengan seri Snapdragon masih menjadi penguasa pasar terutama di dunia ponsel Android? Jawabannya adalah karena Snapdragon merupakan prosesor yang developed friendly.

Prosesor Snapdragon merupakan prosesor yang source codenya dibuka untuk umum. Ini menjadi hal yang sangat disukai oleh komunitas dan developer karena untuk mengembangkan software secara maksimal menjadi lebih mudah. Dengan dibukanya kode source tersebut, pembuat aplikasi dan game bisa melakukan perbaikan-perbaikan masalah dengan lebih mudah. Jika dilihat dari sisi pengguna sendiri, hal ini menjadi jembatan untuk menuju ke dalam sistem ponsel. Dengan adanya hal tersebut, ponsel jadul yang bahkan sudah tidak disupport oleh produsennya akan mampu berapdatasi dengan fitur dan teknologi terbaru dengan menggunakan rom buatan pihak ketiga yang sering disebut Custom ROM.

Bagi sebagain orang, hal ini juga memudahkan kita jika ponsel mengalami masalah software misalnya saja jika diperlukan proses flashing. Dengan mudah kita bisa melakukannya di rumah.

No comments for "Mengenal Ponsel - Mengapa prosesor Qualcomm Snapdragon masih pilihan Nomor 1?"