Mengenal Trading Crypto Bitcoin dkk dan Caranya!


Beberapa waktu ini, trading koin digital atau crypto currency bisa dikatakan sedang booming di Indonesia. Padahal jika kita lihat sejarahnya, crypto sendiri sudah cukup lama dikenal oleh masyarakat internasional. Di Indonesia sendiri, crypto belum diakui sebagai mata uang pembayaran, hanya diakui sebagai komoditas dan telah dilegalkan oleh Bappeti. Karena telah diakui sebagai komoditas, maka crypto bisa diperdagangkan secara resmi sebagai sebuah aset, untuk menggunakannya, harus dikonversi ke rupiah (IDR) terlebih dahulu. Prinsipnya mirip dengan saham.

Di Indonesia sendiri, menurut saya pribadi, banyak investor yang terjun ke trading crypto tanpa mengerti atau paham dengan sejarah crypto itu sendiri. Banyak yang mungkin sekedar ikut-ikutan teman untuk mendapatkan untung atau cuan saja. Tidak salah memang, tetapi alangkah baiknya untuk paham dulu dengan produknya sehingga kalian bisa lebih mengetahui resikonya.

Trading Crypto bisa disejajarkan dengan saham. Sama-sama masuk dikategori High Risk atau investasi resiko tinggi. Mengapa dikatakan begitu? Hal ini terjadi karena fluktuasinya bisa berubah begitu cepat tergantung bagaimana hukum penawaran dan permintaan di pasar bursa. Selain itu, kebijakan-kebijakan yang terjadi secara nasional (bahkan internasional) bahkan sangat berpengaruh terhadap crypto dan saham.

Crypto sendiri digadang-gadang nantinya bisa menjadi alat pembayaran sah di seluruh dunia karena sifat-sifatnya yang menguntungkan bagi pemiliknya, salah satunya yaitu tidak bisa diatur oleh pihak ketiga. Beberapa negara maju seperti Jepang dan Korea sudah mulai menggunakan crypto sebagai alat pembayaran.

Catatan penting yg perlu kalian ingat dari crypto adalah, tidak semua koin crypto memiliki umur yg sama. Hal ini tergantung dari sejarahnya, teknologi dibalik pembuatannya, dan pengakuan dari dunia internasional. Saat ini crypto yang telah terjamin keberadaannya adalah Bitcoin dan Etherium. Jadi sering dikatakan crypto-crypto lain yang baru muncul dikatakan sebagai crypto gorengan, di dunia bursa efek juga sering kita temukan istilah saham gorengan.

Untuk memulai Trading Crypto di Indonesia, kalian bisa menggunakan beberapa jenis aplikasi, salah satunya adalah Indodax. Saat kalian melakukan pendaftaran di aplikasi crypto, pastikan kalian melakukan verifikasi data. Karena tanpa verifikasi, kalian tidak akan bisa menarik uang hasil trading kalian.

No comments for "Mengenal Trading Crypto Bitcoin dkk dan Caranya!"