Update ke Android 11 atau Menunggu dulu?


Beberapa waktu lalu, Android 11 telah dirilis dan mulai digunakan oleh beberapa vendor ponsel dunia. Ada beberapa perubahan yang dilakukan Google di sini untuk memaksimalkan kinerja sistem operasi paling populer di dunia saat ini. Tentu saja tidak semua dari pengguna ponsel bisa menikmati Android terbaru, bahkan Android 10 sendiri belum massive digunakan. Lalu pertanyaannya adalah, apakah kita perlu menggunakan Android 11 ini saat ini, atau kita menunggu beberapa saat lagi?


1. API Penyimpanan terbaru.

API terbaru ini merupakan api yang mengubah sistem akses penyimpanan android dalam membaca data aplikasi dan game yang ada diponsel kalian. Menurut saya, ini dilakukan Google dalam upaya melawan pembajakan aplikasi dan game di ekosistem Android. Tetapi dalam prakteknya, developer belum melakukan adaptasi aplikasi dan game mereka ke API terbaru ini sehingga membuat kecepatan akses media penyimpanan di Android belum maksimal. Jika saya bandingkan dengan Android 10, Android 11 memiliki akses data yang lebih lambat.


2. GPU Driver belum Maksimal.

Hadirnya sistem operasi baru tentunya memerlukan waktu untuk developer melakukan adaptasi. Hal ini juga berlaku pada driver kartu grafis atau GPU. Di Android 11, beberapa game belum berjalan sebagaimana  seharusnya sehingga akan terjadi frame drop saat kalian memainkannya. Hal ini tidak akan kalian temukan di Android 10.


Saya pribadi saat ini memilih untuk menunggu beberapa saat lagi agar adaptasi Android 11 bisa berjalan lebih maksimal. Apalagi kehadiran Android 12 juga sudah di depan mata. Saat ini versi Beta nya sudah mulai dirilis sebagai developer preview. Jika nantinya Android 12 lebih baik dari Android 11, maka kita bisa langsung melakukan loncatan ke Android 12 saja.
 

No comments for "Update ke Android 11 atau Menunggu dulu?"