Hei! Kenalkan ini Android DotOS versi 5!!


Untuk kalian pecinta gadget, terutama platform Android tentunya seringkali dibuat dilema tentang sistem operasi Android yang menurut saya belum menemukan titik yang pas dan balance. Beberapa vendor Cina seperti Xiaomi, Oppo, Vivo dkk memiliki interface sistem Android mereka sendiri yang lebih menitikberatkan pada tampilan yang cantik. Tetapi hal ini tentu saja membuat ponsel bekerja dengan lebih berat, perlu ram yang lebih besar dan banyak menghabiskan source data di memori. Di ponsel yang berspesifikasi pas-pasan, hal ini lama kelamaan akan membuat degredasi terhadap performa ponsel.

Lalu bagaimana dengan ponsel yang menggunakan sistem operasi Android dengan konsep vannila atau pure android seperti Google Pixel? Tentu saja ponsel akan berjalan dengan sangat kencang dan hemat memori. Tetapi bagaimana dengan tampilannya? Tentu tidak semenarik dan tidak secantik tampilan di ponsel Cina.

Berdasarkan hal itulah, pengembang-pengembang komunitas android memfokuskan kemampuan mereka untuk membuat sebuah sistem operasi android yang memiliki performa vannila/aosp tetapi memiliki tampilan juga yang simple, manis dan menarik.

Kenalkan rom android DotOS. Di versi kelima ini, terjadi perubahan UI yang menurut saya, luar biasa. Simple, manis dan menarik. Itu kesan yang saya tangkap dari os android ini. Performanya sendiri berjalan gegas dan cepat di ponsel Poco X3 saya. Lalu bagaimana dengan performa daya nya? 

Hemat, karena berbasis AOSP/Vannila android maka tidak banyak source sistem yang diperlukan. Memory ram pun aman dan multitasking berjalan smooth tanpa masalah.

Saya berharap team DotOS akan terus mengembangkan sistem operasi mereka agar tampil lebih sempurna lagi, lebih ringan lagi, dan menambah fitur-fitur tambahan yang fungsional. Saya merekomendasikan rom DotOS ini karena dedikasi mereka yang luar biasa di perubahan user interfacenya.

No comments for "Hei! Kenalkan ini Android DotOS versi 5!!"