Review Windows 11 Insider Preview setelah 1 Minggu Pemakaian


Windows 11 saat ini sudah mulai dirilis tetapi hanya untuk sebagian pengguna. Jika kalian tergabung sebagai anggota tester microsoft atau sering disebut dengan program Insider, maka kalian akan mendapatkan notifikasi untuk update dari Windows 10 ke Windows 11 gratis. Versi update pertama ini disebut dengan versi Insider Preview.

Dari pengalaman saya menggunakan versi ini, windows 11 sudah cukup stabil digunakan untuk penggunaan sehari-hari. Tidak ada fitur yang bermasalah dan semua berjalan normal. Ketidaknormalan sendiri biasanya terjadi pada perangkat lainnya misalnya saja scanner printer saya yang bermerk epson mengalami error. Biasanya hal seperti ini muncul karena driver update untuk versi windows 11 nya belum dirilis. Nanti nya begitu windows 11 dirilis versi finalnya di bulan November, masalah driver tentunya akan teratasi.

Jika dilihat dari sisi tampilan, windows 11 bisa dikatakan lebih sempurna dibanding windows 10. Menu-menu ditata rapi terutama pada sisi pengaturan/setting. Jika dilihat lebih dalam, tampilan windows 11 sangat touch friendly. Itu artinya, tablet dan laptop yang memiliki layar sentuh, akan berjalan maksimal di windows 11.

Tampilan windows 11 sendiri sebenarnya tidak begitu mengejutkan. Menu-menunya sendiri mirip dengan distro linux dan mac os. Jika ditanya kekurangannya, menurut saya adalah pada menu tambahan yang muncul saat kita melakukan klik kanan pada mouse. Menu ini ditempatkan ditempat yang berbeda dengan sebelumnya. Tetapi saya berharap di versi finalnya, hal ini bisa diperbaiki sehingga akses ke menu tersebut bisa lebih cepat.

Kendala lainnya adalah pada performanya sendiri. Windows 11 masih terasa sedikit lebih berat dibandingkan windows 10. Hal ini bisa terjadi karena adanya penambahan animasi, tampilan dan efek-efek lainnya. Kestabilan sistem sendiri masih belum cukup maksimal. Terkadang terasa sedikit gangguan-gangguan walaupun tidak bersifat krusial.

Perjalanan untuk mencapai versi final sendiri masih cukup lama yaitu di bulan November. Saya berharap pihak microsoft tentunya akan membuat perubahan-perubahan dan perbaikan. Mari kita tunggu bersama, bagaimanakah finalnya nanti.

No comments for "Review Windows 11 Insider Preview setelah 1 Minggu Pemakaian"